Welcome the great nurse


Senin, 14 Desember 2009

STRESS


Stres adalah suatu ketidakseimbangan diri/jiwa dan realitas kehidupah setiap hari yang tidak dapat dihindari dan perubahan yang memerlukan penyesuaian.

Biasanya stress dikaitkan bukan karena penyakit fisik, tetapi lebih sering mengenai kejiwaan.Akan tetapi karena pengaruh stress tersebut maka penyakit fisik bias muncul akibat lemahnya dan rendahnya daya tahan tubuh pada saat tersebut.
Apa saja yang menjadi sumber stress:

• Linkungan selalu membuat kita stress harus memenuhi tuntutan dan tantangan,karenanya merupakan sumber stress yuang potensial. Kita mengalami bencana alam,cuaca buruk, kemacetan lalu-lintas,dikejar waktu,masalah pekerjaan,rumah tangga, dan hnubungan antar manusia
• Tuntutan tubuh kita untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi.Contohnya perubahan yang terjadi waktu remaja, perubahan fase kehidupan akibat hormone dan proses penuaan.
• Pikiran kita yang terus-menerus menginterpretasikan isyarat-isyarat dari lingkungan.Pikiran-pikjran yang menyebabkan stress sering bersifat negative,penuh kegagalan,dll.
• Rasa khawatir
• Perasaan kesal
• Kecapekan
• Frustasi
• Perasaan tertekan
• Kesedihan
• Pekerjaan yang berlebihan
• Terlalu focus pada suatu hal
• Peraasaan bingung
• Berdukacita
• Rasa takut

Stresor
Stimuli yang mengawali atau mencetuskan perubahan.Stresor menunjukan kebutuhan yang tidak terpenuhi dan kebutuhan tersebut bias berupa kebutuhan fisiologis,psikologis,social,perkembangan dan kebutuhan cultural.

Manusia membutuhkan stress???
Untuk berfungsi normal.Anggaplah stress sebagai suatu tantangan, tanpa itu manusia tidk akan tergerak untuk melakukan sesuatu.

Tanda-tanda stres

 Gejala Fisik
Merasa lelah,insomia,nyeri kepala,otot kaku dan tegang (terutama leher,bahu,punggung bawah), berdebar-debar,insomia,gangguan lambung dan pencernaan,mual,gemetar,tangan dan kaki merasa dingin,wajah terasa panas,berkeringat,sering flu,menstruasi terganggu.

 Gejala Mental
Berkurangnya konsentrasi dan daya ingat,ragu-ragu,bingung,pikiran penuh atau kosong,kehilangan rasa humor.

 Gejala Emosi
Cemas (pada berbagai situasi) ,deprersi,putus asa,mudah marah,ketakuta,frustasi,tiba-tiba menangis,fobia,merasa tak berdaya,menarik diri dari pergaulan dan menghindari kegiatan yang sebelumnya disenangi.

 Gejala Perilaku
Mondar-mandir,gelisah,menggigit kuku,menggerak-gerakkan anggota badan atau jari-jari,perubahan pola makan,merokok,minum-minuman keras,menangis,berteriak,mengumpat,bahkan melempar barang atau memukul.



Manajemen stress
Kemampuan untuk mengendalikan diri secara efektif untuk mengaasi gangguan atau kejadian yang berlebihan yang muncul karena tanggapan atau respon.
Tujuan manajemen stres adalah untuk memperbaiki kualita hidup individu itu agar menjadi lebih baik.
Terapi Menghadapi Stres

 Terapi Psikofarmaka
Terapi ini menggunakan obat-obatan dalam menghadapi stress, Obat yang digunakan biasanya anti cemas dan anti depresi.
 Terapi Somatik
Dilakukan pada gejala yang dialaminya dan diharapkan tidak mengganggu system tubuh lain.
 Terapi Psikoreligius
Menggunakan pendekatan agama dalam mengatasi permasalahan psikologis mengingat dalam mempertahankan kehidupan seseorang harus sehat secara fisik,psikis,social, dan spiritual sehingga stress dapat diatasi.
 Psikoterapi
Menggunakan tekhnik psikologis sesuai dengan kebutuhan seseorang. Meliputi psikoterapi suportif (memberikan motivasi atas dukungan agar oarng tersebut percaya diri) dan psiko reduktif (memberikan pendidikan secara berulang)
 Relaksasi
Latihan relaksasi.Salah satu keuntungan tidak memerlukan tempat khusus atau gerakan khusuis untuk mempraktekannya.
Apakah anda mengalami tanda-tanda diatas???

Bagi anda yang memiliki tanda-tanda diatas Berikut Sedikit tips untuk meringankan stres anda.. agar kita terhindar dari resiko diatas..

Putar & Dengar Lagu Kesayangan Meski dalam kondisi sibuk atau dalam perjalanan, anda tetap bisa mendengarkan lagu-lagu favorit, Ikutlah bersenandung dan biarkan musik menyejukkan hati Anda.

Olah Raga Teratur. Olah raga adalah kunci untuk mengurangi stress!. Berdasarkan Dr. David Posen : “Tidak ada yang menyangkal olah raga aerobik sebagai satu cara menyalurkan energi kala kita stress”. Olah raga secara umum direkomendasikan kita lakukan dalam bentuk aerobik paling tidak selama 20 menit, tiga kali seminggu. Jika anda belum berolah raga, temukan aktifitas yang bekerja baik bagi anda dan mulailah lakukan!.

Bergerak. Lakukan jalan cepat, walaupun hanya jalan – jalan di seputar ruangan atau kamar mandi. Hal itu berguna untuk membantu melancarkan aliran darah. Bergerak secara teratur juga dapat membantu membakar efek negatif dari hormon stres.

Makan Sehat Makanan-makanan dengan kadar lemak rendah dan karbohidrat tinggi seperti donat, popcorn, kue-kue kering serta kue dari bahan beras, merangsang zat-zat kimia dari otak kita yang membantu menyejukkan bila sedang stres.

Penuhi Kebutuhan Jiwa Luangkan waktu untuk diri sendiri. Tidur atau menonton film percintaan yang romantis, membaca surat-surat lama, atau apa saja. Biarkan hari itu terbebas dari rutinitas.

Tertawa Tonton film-film komedi, duduk santai, dan tertawa merupakan salah satu cara yang baik untuk kesehatan. Tertawa merangsang tubuh untuk memproduksi hormon yang menyebabkan otak mengendurkan stres.

Berteriak dan menjerit. Pergilah ke suatu tempat pribadi lalu berteriak dan menjerit sepuasnya. Cara itu dapat dipakai untuk terapi pereda stres.

Luangkan Waktu Bersama Sahabat Sambil minum kopi atau teh hangat, nikmati kebersamaan dengan sahabat wanita, bercerita tentang apa saja. Wanita merasakan kenyamanan, dukungan, dan kedekatan tersendiri bila berada bersama-sama teman wanitanya.

Meditasi Meditasi mengurangi tekanan darah dan secara dramatis membantu mengurangi tingkatan stres Anda. jadi mulai lah meditasi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar